Jumat, Maret 12, 2010

IRONI GAS DI NEGERI GAS BAG.III

Ironi gas di negara gas
Tersandung oleh pasokan gas, PIM berburu gas ke pasar

Ketersediaan pupuk dan ketahanan pangan bagaikan dua sisi mata uang. Hal ini terkait erat dan tidak terpisahkan. Bila pasokan pupuk terpenuhi, ketahanan pangan tidak terganggu. Di sisi lain, jika pupuk langka atau mahal, keamanan pangan akan goyah.
Sayangnya, selama beberapa tahun terakhir produsen pupuk telah bergumul dengan kesulitan mendapatkan gas alam cair untuk produksi seperti yang dialami oleh BUMN pupuk PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Lhok Seumawe, Aceh.

Sejak tahun 2004 PIM tidak mendapatkan pasokan gas karena kontrak dengan Exxon Mobil berakhir. Exxon kemudian mengalihkan gas ke Jepang. Hilangnya pasokan gas membuat kinerja PIM goyah. Direktur PIM, Mashudianto, mengatakan, untuk mempertahankan pengoperasian dua pabrik PIM itu, dia dan dewan direksi dipaksa untuk mencari gas dari pasar. Akibatnya, gas lebih mahal sehingga uang negara harus dikeluarkan lebih besar.

Meskipun mendapatkan gas dari pasar, masalah tidak lantas selesai. Alasannya adalah karena pasokan gas dari pasar tidak dapat memenuhi kebutuhan PIM sebanyak 11 kargo gas per tahun.

Manajemen PIM terus berupaya mencari gas untuk menghidupkan kedua pabriknya. Pada tahun 2006, BUMN mendapatkan 3 kargo LNG dari BUMN pupuk lainnya yaitu PT Pupuk Kalimantan Timur, dengan cara swap.

Namun, upaya itu masih belum mampu memenuhi kebutuhan gas kedua pabrik PIM. Akibatnya, hanya 25% pabrik yang bekerja dari kapasitas terpasangnya.

Padahal, PIM diserahi tanggung jawab untuk menuplai pupuk urea bersubsidi kepada petani di Aceh dan Sumatera Utara.

Selain itu, bersama dengan PT Pupuk Sriwijaya, PIM melakukan kerjasama operasi untuk menyuplai pupuk bersubsidi ke Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, dan Lampung.

"Terpaksa satu pabrik tidak beroperasi. Tapi tetap kami rawat agar ketika gas sudah ada, dapat digunakan kembali," ujar Mashudianto kepada Media Indonesia, beberapa waktu lalu. (Mhk / X-10)


Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat - Rasakan Yahoo! Mail baru yang Lebih Cepat hari ini!

Tidak ada komentar: